Home | Sitemap | Contact Us | Search :
ABOUT US FLEET LIST INVESTOR RELATION NEWS CAREERS
NEWS
News
Archives
News Home > NEWS > News
  DETAIL
BLT dan Eitzen membentuk Raksasa Pelayaran

BLT dan Eitzen membentuk Raksasa Pelayaran karena BLT berencana Untuk Melakukan Voluntary Offer Terhadap Camillo Eitzen & Co ASA

(Jakarta/Oslo, 5 Oktober 2009) PT Berlian laju Tanker Tbk ("BLT" atau "Perseroan") berencana untuk melakukan voluntary exchange offer ("Penawaran") terhadap seluruh saham yang sudah diterbitkan dari Camillo Eitzen & Co ASA ("CECO"). Penawaran yang diajukan adalah sebesar NOK 25 untuk setiap lembar saham CECO, dibayarkan dalam bentuk saham BLT yang merepresentasikan premium sebesar 270% dari harga saham CECO pada saat pasar tutup pada tanggal 2 Oktober 2009.

                        Direksi CECO dan para pemegang saham utama yang merepresentasikan sekitar 76% dari total saham yang diterbitkan telah menyatakan dukungannya atas penawaran indikatif tidak mengikat (non indicative offer) yang telah mereka terima.

                        Direksi CECO dan Axel C. Eitzen sebagai pemegang saham utama telah menandatangani perjanjian ekslusif (exclusivity agreement) dengan BLT

                        Transaksi yang diajukan tersebut juga didukung oleh agen sindikasi bank Nordea.

                        Pemegang saham utama BLT (PT Tunggaladhi Baskara) dengan porsi kepemilikan sekitar 59% hak suara yang dapat memilih, mendukung penuh transaksi tersebut.

                        Berdasarkan Penawaran ini, CECO akan berpartisipasi pada penawaran ekuitas (equity offering) Eitzen Chemical ASA (ECHEM) dengan saham pro-rata.

                        Perseroan akan mencoba untuk mencatatkan sahamnya pada Oslo Stock Exchange

 

Penawaran ini akan menggabungkan dua kekuatan besar dalam tradisi kemaritiman dan menciptakan grup pelayaran internasional terkemuka di dunia dalam segmen kimia, gas, minyak, curah kering dan segmen jasa maritim. Grup ini akan menjadi armada kapal tanker kimia terbesar di dunia dengan armada yang paling modern.

Gabungan kedua perusahaan akan berada dalam posisi yang sangat tepat untuk dapat mengambil kesempatan dari pemulihan industri perkapalan yang didorong oleh peningkatan produksi industri dan jalur perdagangan internasional. Penggabungan kedua perusahaan ini juga akan mampu menyediakan pelanggan lama dan baru dengan solusi transportasi kelas dunia dengan cakupan wilayah operasional global dan keberadaan lokal, termasuk akses kedalam pasar domestik Indonesia dan semakin memantapkan kehadiran di kawasan Asia. Total pendapatan dari penggabungan kedua perusahaan dari 12 bulan terakhir akan mencapai kira-kira USD 2.3 milyar dengan EBITDA sebesar USD 499 juta. Apabila digabungkan dengan kapal yang sedang dibangun, grup ini akan memiliki dan mengoperasikan 157 kapal tanker kimia, 14 kapal tanker minyak, 42 kapal tanker gas, 50 - 60 kapal angkutan curah kering dan 1 FPSO, selain jasa maritime yang diberikan melalui Eitzen Maritime Services ("EMS").

Kombinasi dari kedua entitas tersebut akan menciptakan sebuah jaringan global yang solid dan mampu untuk melayani pelanggan berbasis internasional di seluruh pasar utama. Selain bisnis yang akan saling melengkapi, kedua perusahaan juga berbagi nilai-nilai yang sama dan kepercayaan akan pentingnya budaya perusahaan yang kuat dan pengembangan atas sumber daya manusia di dalam organisasi. Kedua perusahaan sepakat untuk terus membangun dari kekuatan bersama ini melangkah maju menuju masa depan.

Chairman CECO, Axel C. Eitzen akan tetap menjalankan peran aktif dalam perkembangan group di masa depan dan akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di dalam group tersebut.

Penawaran ini akan memberikan sebuah kesempatan kepada para pemegang saham BLT dan CECO untuk mengambil bagian di dalam sebuah perusahaan besar, global dan terdiversifikasi dengan baik serta dilengkapi dengan fleksibilitas finansial, potensi pasar yang sangat kuat, dan mampu memberikan likuiditas kepada para Pemegang Saham.

"Kami sangat excited dengan prospek industri yang akan didapatkan dari kombinasi antara CECO dan BLT ini. Transaksi dengan CECO ini yang memiliki jaringan pelayaran yang ekstensif dan basis pelanggan yang mengglobal adalah bagian dari strategi BLT untuk ekspansi keseluruh daerah di dunia. Ini akan semakin meningkatkan rute perdagangan dunia kami, memperkuat kehadiran strategis kami pada segmen kapal tanker kimia dan gas dan sekaligus mendiversifikasikan usaha kedalam segmen curah kering dan jasa maritime" kata Ibu Siana Anggraeni Surya, Direktur Pengembangan Usaha BLT.

"Saya percaya kombinasi ini akan memberikan potensi komersial yang signifikan dan akan memberikan sinergi yang berarti pada semua segmen. Grup ini akan menjadi internasional dalam segala aspek dengan kemungkinan untuk mengeksplorasi penerapan asas cabotage di pasar lokal Indonesia, digabungkan dengan pertumbuhan organik di kawasan Asia Tenggara. Saya percaya indicative offer ini akan memberikan kemungkinan-kemungkinan besar bagi semua pemegang saham dan karyawan kami untuk dapat mengeksplorasi kesempatan-kesempatan baru dan untuk mengembangkan masing-masing segmen utama secara substansial. Pemegang saham Utama Eitzen Holding dan Direksi CECO pada prinsipnya positif terhadap Penawaran indikatif ini" kata Axel C. Eitzen, Chairman CECO.

Atas nama Direksi PT Berlian Laju Tanker Tbk dan Direksi Camillo Eitzen & Co ASA:

Siana Anggraeni Surya

Axel Camillo Eitzen

Direktur Pengembangan Usaha,

Chairman dari Dewan,

PT Berlian Laju Tanker Tbk

Camillo Eitzen & Co ASA

 

Mohon lihat lampiran edaran yang kami sampaikan pada Bursa di Indonesia, Singapura dan Oslo untuk lebih detailnya.

Transaksi ini akan dipresentasikan oleh manajemen BLT, CECO dan ECHEM pada R.S. Platou Shipping and Offshore Conference di Singapura pada 9 Oktober 2009.

PT Berlian Laju Tanker Tbk

BLT didirikan pada tahun 1981 dan merupakan perusahaan terkemuka dalam bidang transportasi laut kargo cair dan merupakan salah satu operator kapal tanker kimia terbesar di dunia. Armada BLT terdiri dari kapal tanker kimia (62 kapal + 10 dalam pembangunan), kapal tanker minyak (14 kapal), kapal tanker gas (13 kapal + 4 kapal dalam pembangunan), dan 1 kapal FPSO. Pada tahun 2008, total pendapatan yang berhasil diraih oleh BLT adalah sebesar USD 723 juta, laba opersional sebesar USD 182 juta dan total asset mencapai USD 2.4 milyar, BLT tercatat di dua pasar modal yaitu Bursa Efek Indonesia dan Bursa Efek Singapura (ticker: BLTA) dan kini memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 515 juta. Pemegang saham utama BLT adalah PT Tunggaladhi Baskara yang memiliki porsi kepemilikan sekitar 59% dari total saham beredar yang memiliki hak suara. Kantor pusat BLT berlokasi di Jakarta, Indonesia dan BLT memiliki kantor-kantor perwakilan yang tersebar di banyak kota di seluruh dunia.

Camillo Eitzen & Co ASA

Dengan sejarah berdiri dari tahun 1883, CECO adalah perusahaan holding internasional yang terdiversifikasi yang terlibat dalam banyak jenis usaha pelayaran termasuk pemilikan, operator dan manajemen komersial usaha pelayaran melalui perusahaan-perusahaan pada segmen gas, curah kering dan tank. Aset utama CECO termasuk Eitzen Chemical (ECHEM) dan Eitzen Maritime Services ASA (EMS) yang keduanya tercatat di bursa. ECHEM adalah pemilik kapal, operator dan manajer dan adalah salah satu pemilik kapal tanker kimia terbesar di dunia berdasarkan jumlah kapal. EMS memberikan jasa manajemen kapal, persediaan kapal dan jasa broker asuransi yang luas ke seluruh organisasi dunia.

CECO memiliki 80 kantor di seluruh dunia, mempekerjakan sekitar 1200 karyawan darat dan lebih dari 5000 awak kapal yang terdiri dari 20 kebangsaan yang berbeda. Kantor pusat perusahaan ini terletak di Oslo dengan kantor pusat komersial di Kopenhagen.

Camillo Eitzen & Co tercatat di Oslo Stock Exchange pada tahun 2004 dan terus melanjutkan tradisi lama dengan standar pengalaman, dedikasi dan etika tinggi.

Penasehat Keuangan dan Konsultan Hukum

RS Platou Markets bertindak sebagai penasehat keuangan untuk BLT. Carnegie ASA dan ABG Sundal Collier ASA adalah penasehat untuk CECO. Bugge, Arentz-Hansen & Tasmussen (BAHR) berlaku sebagai penasehat untuk BLT sedangkan Wikborg Rein & Co bertindak sebagai konsultan hukum untuk CECO.

Untuk pertanyaan pers, mohon mengontak:

PT Berlian Laju Tanker Tbk

Kathy Zhang

Managing Director, Financial PR

Tel no: +65 64382990 Kathy@financialpr.com.sg

Camillo Eitzen & CO

Peter D. Knudsen Chief Executive Officer (CEO) Tel no: +47 24 00 61 54 Mobile: +47 91 32 63 74 pdk@eitzen-group.com

Back
(c) 2007 PT Berlian Laju Tanker Tbk. All Rights Reserved.